Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dengan Universitas Bengkulu dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis (STIEBI) Prana Putra Lubuklinggau dan Penandatangan Komitmen Kepala OPD tentang Pembentukan Inovasi Daerah

Selasa 06 April 2021, bertempat di Auditorium Pemerintah Kabupaten Musi Rawas diselenggarakan penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dengan Universitas Bengkulu dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis (STIEBI) Prana Putra Lubuklinggau. Maksud dan tujuan penandatangan MoU ini adalah dalam rangka Pemanfaatan Teknologi, Penelitian, Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Musi Rawas sekaligus untuk meningkatkan sinergitas para pihak dalam rangka berkolaborasi untuk mencapai visi misi para pihak.

Bapak H. Bambang Hermanto, SE.,MM. selaku kepala Balitbang Kabupaten Musi Rawas menyampaikan bahwa Kesepakatan Bersama ini bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Musi Rawas untuk menunjang tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Ibu Yulita Anggraini, SH., MH selaku Ketua STIEBI Prana Putra dalam sambutannya menyampaikan sangat bangga bisa menjalin kerjasama dengan Kabupaten Musi Rawas dan ini merupakan MoU yang pertama yang dilaksanakan oleh STIEBI Prana Putra dengan instansi Pemerintahan. Harapannya setelah pelaksanaan MoU ini akan banyak hal yang dikerjasamakan dengan Kabupaten Musi Rawas karena STIEBI Prana Putra memerlukan wadah dimana mahasiswa dapat melaksanakan praktek kerja lapangan dan melaksanakan penelitian.

Bapak Dr. Ardilafiza selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Bengkulu dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa Kerjasama antara pemerintah Kabupaten Musi Rawas dengan UNIB sejak dulu sudah terjalin dengan baik namun MoU tersebut sudah berakhir beberapa tahun yang lalu. Dengan diperbaharui kembali MoU ini, dapat embali Kerjasama diantara kedua belah pihak dimana nantinya mahasiswa dari UNIB dapat melaksanakan kegiatan di desa-desa dan melaksanakan penelitian di Kabupaten Musi Rawas. Selain itu juga sejumlah kajian dapat dilakukan secara bersama-sama oleh dosen-dosen UNIB dan Balitbang guna mempercepat pembangunan di Kabupaten Musi Rawas.

Ibu Hj. Ratna Machmud selaku Bupati Musi Rawas dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Musi Rawas menyadari bahwa di era Otonomi Daerah saat ini setiap daerah dituntut untuk dapat mengembangkan daerahnya masing-masing berdasarkan potensi yang dimiliki. Untuk mewujudkan hal tersebut, Kabupaten Musi Rawas terus berupaya menjalin koordinasi dan Kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berkompeten termasuk didalamnya Perguruan Tiinggi serta instansi-instansi vertikal lainnya.

Dengan adanya sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dengan UNIB dan STIEBI Prana Putra Lubuklinggau menjadi era baru bagi Pemerintah Kabupaten Musi Rawas kedepannya yang akan semakin mudah dalam menghadapi tantangan di berbagai bidang dari hasil pemikiran pemangku kepentingan sehingga menciptakan inovasi yang dapat mejukan Kabupaten Musi Rawas kedepannya.

Penandatangan MoU ini dilakukan oleh Ibu Hj. Ratna Machmud selaku Bupati Musi Rawas dan Rektor Universitas Bengkulu yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama bapak Dr. Ardilafiza serta dari STIEBI Prana Putra Lubuklinggau oleh Ibu Yulita Anggraini, SH., MH selaku ketua STIEBI Prana Putra.

Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pendatanganan komitmen Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang diwaliki oleh Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas. Penandatanganan Komitmen tersebut merupakan upaya untuk mendorong seluruh Organisasai Perangkat Daerah untuk terus berinovasi dalam pelayanannya sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk mewujudkan Musi Rawas MANTAB ( Maju, Mandiri dan Bermartabat ).