“SOSIALISASI INDEKS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (IPKD) dan SINOVDA”

Jumat, 03 Juni 2022 bertempat di Ruang Rapat Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas dilaksanakan Sosialisasi Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah dengan narasumber dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Badan Penelitian dan Pengembangan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Komunikasi, Statistik dan Informatika, Inspektorat dan Bagian Tata Pemerintahan dari masing masing Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara, dan Kota Lubuklinggau.

Dalam sambutannya Bapak Alamsyah selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Propinsi Sumatera Selatan mengatakan bahwa Balitbang Provinsi Sumatera Selatan memiliki rasa tanggung jawab untuk mengarahkan seluruh kabupaten dan kota yang ada di Propinsi Sumatera Selatan sehingga dalam Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah nanti tidak ada kabupaten kota yang mendapat nilai rendah atau tidak menginput sehingga mendapat hukuman.

Pada Tahun 2021 Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Rawas Utara dan Kota Lubuklinggau sudah melaksanakan penginputan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah, namun masih banyak kekurangan yang menyebabkan nilainya masih rendah.

Selanjutnya paparan sosialisasi Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah dilakukan oleh bapak Zulkarnain dan dilanjutkan dengan belajar menginput data IPKD melalui aplikasi demo IPKD Kemendagri RI.

Setelah sosialisasi IPKD dilanjutkan dengan Sosialiasi SINOVDA. SINOVDA merupakan aplikasi yang dibuat oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Propinsi Sumatera Selatan guna menghimpun inovasi-inovasi yang ada di seluruh daerah Propinsi Sumatera Selatan. Fitur-fitur yang ada didalam aplikasi SINOVDA sama persis dengan yang ada didalam Aplikasi IGA sehingga harapannya sebelum bersaing dalam Lomba Innovation Government Award Tahun 2022 datanya sudah lengkap.