Rapat FGD Penelitian Pakan Ikan Berbasis Potensi SDA Kab. Musi Rawas

Kamis, 19 September 2019 bertempat di Ruang Rapat Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas diadakan rapat Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka membahas dan dengar pendapat dari OPD terkait tentang pelaksanaan Penelitian Pakan Ikan Berbasis Potensi SDA Kab. Musi Rawas Tahun 2019. FGD ini dipimpin oleh Kepala Bidang Penelitian Balitbang, Bapak Albi Putera, SE., MA., MT. Beberapa Undangan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang turut hadir diantaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Balitbang Musi Rawas bekerja sama dengan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan (BRPBATP) Bogor, BRPBATP menunjuk Prof. Dr. Ir. Mas Tri Djoko Sunarno, MS sebagai narasumber/tenaga ahli dalam kegiatan penelitian ini. Kepala BIdang Penelitian Balitbang selaku pemimpin rapat memberikan paparan tentang latar belakang perlunya diadakan kegiatan penelitian ini, beliau memberikan penjelasan tentang perikanan air tawar sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Musi Rawas dikarenakan hasil perikanan memasok sebagian kebutuhan ikan diluar Kabupaten Musi Rawas seperti Palembang, Kabupaten tetangga, maupun luar provinsi Sumatera Selatan namun permasalahan utama dihadapi oleh pembudidaya adalah tingginya biaya pakan yang mencapai sekitar 70% dari total biaya produksi.

 


Pakan ikan yang dipakai oleh para pembudidaya masih menggunakan produksi dari pabrik yang harus didatangkan dari luar provinsi sehingga sebagai konsekuensinya biaya pakan menjadi relatif lebih mahal, tentunya hal ini berakibat harga produk ikan yang dihasilkan menjadi kurang kompetetif. Maka dalam mengatasi permasalahan tersebut dan sesuai dengan Visi Misi Musi Rawas SEMPURNA, Balitbang sebagai penunjang urusan pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan dan inovasi daerah melaksanakan kegiatan riset ini untuk melihat seberapa besar potensi pakan ikan yang berbahan baku lokal dalam menurunkan biaya produksi pakan serta pemanfaatan potensi yang tersedia di Kabupaten Musi Rawas untuk dijadikan pembuatan pakan secara mandiri dengan teknologi tepat guna. Selanjutnya Prof. Dr. Ir. Mas Tri Djoko Sunarno, MS selaku narasumber/tenaga ahli menegaskan tanpa pakan berkualitas dengan harga ekonomis maka usaha budidaya ikan air tawar tidak berkembang (Bangkrut) serta pakan berkualitas dengan harga ekonomis sangat dapat diproduksi secara mandiri jika mendapat dukungan dari Pengambil Kebijakan dan IPTEK, beliau juga menjelaskan bahwa hasil dari kegiatan penelitian ini tidak hanya melihat seberapa besar potensi pakan ikan yang berbahan baku lokal dalam menurunkan biaya produksi pakan serta pemanfaatan potensi yang tersedia di Kabupaten Musi Rawas untuk dijadikan pembuatan pakan secara mandiri dengan teknologi tepat guna tetapi juga Dapat memberikan rekomendasi pembuatan pakan berbasis bahan lokal di Kab Musi Rawas yang pada akhirnya tersusunnya hasil kajian yang bermanfaat bagi para pemangku kepentingan (pemegang kebijakan, penyuluh, pelaku pakan mandiri, pembudidaya).

Beberapa peserta yang hadir memberikan masukan dan tanggapan diantaranya Bapak Ahmad Dencik, SP. peserta GFD Badan Perencanaan Pembangunan Daerah memberikan tanggapan bahwa kegiatan ini diharapkan bisa menjadi masukan kepada Pemerintah Daerah untuk menjadi dasar pembentukan BUMDES, Bappeda juga siap membantu dan memfasilitasi kegiatan Penelitian Pakan Ikan Berbasis Potensi SDA Kab. Musi Rawas, Bapak Syamsiaji (Dinas Perikanan) memberikan tanggapan bahwa Kabupaten Musi Rawas Memiliki Potensi untuk membuat Pakan Ikan berbasis bahan sumber daya local, Bapak Ikandar (Dinas Perkebunan) memberikan tanggapan bahwa kabupaten Musi Rawas memiliki sumber daya lokal berupa ampas tebu (Bagas) dan biji karet sedangkan Ibu Mini Kurdiana (DPM PTSP) memberikan masukan agar dibuat daftar rincian data apa yang dibutuhkan untuk menunjang penelitian ini karena seperti yang diketahui untuk mengeluarkan suatu data perlu izin dari Kepala Badan atau Kepala Dinas.

Sebagai penutup dari rapat tersebut, Seluruh OPD terkait memberikan komitmen akan siap membantu dan memfasilitasi kegiatan penelitian ini sampai dengan selesai sehingga kegiatan Penelitian Pakan Ikan Berbasis Potensi SDA Kab. Musi Rawas diharapkan dapat selesai dalam waktu 2 (Dua) Bulan setelah FGD ini;