Perbaikan Varietas Lokal Padi Dayang Rindu Menggunakan Teknologi Pemuliaan Mutasi Iradiasi

Padi Dayang Rindu merupakan varietas padi lokal Kabupaten Musi Rawas yang tumbuh baik di Kabupaten Musi Rawas memiliki beberapa keunggulan yaitu : rasa nasi enak, pulen, dan aromatik. Beras Dayang Rindu sangat digemari oleh berbagai kalangan masyarakat tidak hanya di Kabupaten Musi Rawas tetapi juga di berbagai daerah di Provinsi Sumatera Selatan dan sekitarnya, oleh karena itu harga beras Dayang Rindu menjadi lebih mahal dibandingkan harga beras varietas padi lainnya. Namun demikian berbagai kelemahan padi dayang rindu antara lain :  umurnya yang sangat dalam mencapai lebih dari 150 hari, mudah rebah karena batangnya terlalu tinggi mencapai 200 Cm dan produksi rendah antara 3-4 ton GKG/ha-

Sehubungan dehttps://i.postimg.cc/5yskkCGc/2.jpgngan hal tersebut di atas, harus ada upaya-upaya atau terobosan guna memperbaiki kelemahan-kelemahan padi lokal dayang rindu tersebut dengan tetap mempertahankan keunggulannya.  Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Rawas antara lain dengan melakukan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Musi Rawas, Universitas Musi Rawas dan BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional) untuk melakukan perbaikan varietas Dayang Rindu tersebut dengan menggunakan teknologi pemuliaan mutasi iradiasi dengan tujuan utama adalah untuk mendapatkan varietas yang lebih genjah, batang lebih pendek sehingga tidak mudah rebah dan produktivitas lebih tinggi dengan rasa nasi dan aroma tetap sama seperti varietas Dayang Rindu aslinya.

Tahapan pelaksanaan perbaikan varietas padi lokal dayang rindu tersebut adalah sebagai berikut :

1. Tahun 2010 – 2013 :
Pemurnian benih padi lokal dayang rindu
2. Tahun 2013 :
Penyinaran benih padi dayang rindu dengan iradiasi sinar gamma dosis 200 Gy dan 300 Gy di PAIR BATAN.
3. Tahun 2014 – 2018 :
Penanaman M1 – M7 untuk melakukan seleksi terhadap tanaman yang berumur genjah dan semi-dwarf dan pemurnian tanaman terpilih sampai di peroleh 10 galur mutan harapan.
4. Tahun 2018 – 2019 :
Uji Multi Lokasi terhadap 10 Galur Mutan Harapan
5. Tahun 2020 :
Mengikuti sidang evaluasi dan penilaian calon varietas padi lokal dayang rindu oleh tim penilai varietas tanaman pangan di Bogor tanggal 3 Desember 2020 dan direkomendasikan 2 varietas untuk dapat dilepas menjadi varietas unggul lokal dengan nama vareitas Dayang Muratan 1 dan Dayang Muratan 4.
6. Tahun 2021 :
SK. Pelepasan varietas unggul lokal padi Dayang Muratan 1 dan Dayang Muratan 4 sudah di tandatangani oleh Menteri Pertanian, selanjutnya akan dilakukan pengembangan dalam skala luas di wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Keunggulan varietas Dayang Muratan 1 dan Dayang Muratan 4 adalah : rata-rata tinggi tanaman 137-147 cm, rata-rata umur panen 121 Hari dan rata-rata produktivitas 8-9 ton GKG/Ha.