Paparan dan Validasi Innovative Government Award (IGA) Tahun 2019 Oleh Kabupaten Musi Rawas

Pada hari kedua tepatnya 18 September 2019, Tim Penilai BPP Kemendagri RI mengadakan rapat bersama Bupati Musi Rawas dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah di Ruang Bina Praja Kabupaten Musi Rawas. Rapat tersebut dibuka oleh Bupati Musi Rawas Bapak H. Hendra Gunawan. Dalam sambutannya Bapak Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan mengatakan bahwa ini merupakan tahun ketiga Kabupaten Musi Rawas mengikuti ajang Lomba Innovative Government Award. Bupati Musi Rawas mengucapkan Terimakasih buat partisipasi semua OPD dalam menggali inovasi-inovasi yang ada dan diharapkan kedepan akan muncul inovasi-inovasi baru dalam pelayanan publik oleh Organisasi Perangkat Daerah maupun inovasi dalam masyarakat dan akhirnya berinovasi menjadi budaya yang melekat pada Pemerintahan dan masyarakat Kabupaten Musi Rawas.

 

Ketua Tim Penilai BPP Kemendagri RI Bapak Saydiman Marto menyampaikan bahwa Lomba Innovative Government ini bertujuan untuk memotivasi semua daerah untuk melahirkan inovasi-inovasi baru baik dalam tata kelola pemerintahan, pelayanan publik maupun inovasi bentuk lainnya. Sejumlah daerah turut serta dalam Lomba ini. Setiap daerah menginput data inovasi yang dilakukan kedalam system. Skor yang didapat diakumulasikan sesuai kelengkapan indikator tiap-tiap inovasi. Semakin lengkap indikatornya maka semakin tinggi nilai inovasi tersebut. Untuk Inovasi yang sudah direplikasi memiliki nilai yang cukup tinggi. Selanjutnya Tim BPP Kemendagri akan melaksanakan Validasi Lapangan tentang kebenaran inovasi yang diinput.

 

Untuk Kabupaten Musi Rawas menginput 31 Inovasi yang tersebar dalam 15 Organisasi Perangkat Daerah. Selanjutnya ke 15 Organisasi tersebut menyampaikan paparannya dihadapan Bupati Musi Rawas dan Tim BPP Kemendagri RI. Paparan tersebut berupak latar belakang adanya inovasi tersebut, tujuan dan kemanfaatannya serta foto-foto dan video pelaksanaan inovasi yang didaftarkan