“KUNJUNGAN KERJA DPRD KAB. BATANGHARI KE BALITBANG KAB. MUSI RAWAS ”

Rabu, 13 April 2022 Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas kedatangan tamu dari Kabupaten Batanghari yakni DPRD Komisi III Batanghari. Rombongan tersebut berjumlah 15 orang yang dipimpin oleh bapak Muhammad Zen selaku Ketua komisi III DPRD Batang Hari.

 

Bapak Adison selaku wakil ketua  komisi III DPRD Batang Hari menyampaikan bahwasanya maksud kedatangan mereka adalah untuk menjalin silaturahmi  dengan Balitbang Kab. Musi Rawas, dan untuk mengetahui apa tugas dan fungsi Balitbang untuk pembangunan daerah.

 

Bapak Ervan Affansyah selaku sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas menyampaikan bahwa peran Balitbang adalah untuk membantu Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Daerah dalam mencari solusi terhadap permasalahan yang ada di RPJMD melalui pengkajian dan penelitian. Balitbang memiliki peranan yang sangat besar dimana sebelum BAPPEDA melakukan suatu perencanaan seharusnya dikaji/diteliti terlebih dahulu oleh Balitbang, sehingga perencanaan yang dibuat tepat dan tidak memboroskan anggaran. Dalam melaksanakan Tugas pokok dan fungsinya Balitbang Kabupaten Musi Rawas bekerjasama dengan Perguruan tinggi/Lembaga/instansi kelitbangan.

 

Balitbang Kabupaten Musi Rawas dalam kurun waktu 3 tahun terakhir mampu menyumbangkan tambahan anggaran APBD dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Musi Rawas berupa Dana Insentif Daerah yang diperoleh dengan masuk 10 (sepuluh) besar Lomba Innovative Government Award (IGA). Dalam hal ini Balitbang menghimpun Inovasi yang ada diseluruh Organisasi Perangkat Daerah dan yang ada di masyarakat serta memotivasi OPD dalam menghasilkan inovasi.

 

Pertemuan tersebut berlangsung dengan hangat dan terjadi diskusi interaktif yang saling bertukar informasi antara kedua belah pihak