Implementasi Inovasi Produk Unggulan Ikan dan Ubi Kayu

Kabupaten Musi Rawas merupakan Kabupaten yang kaya akan sumber daya alam. Pengelolaan Sumber Daya Alam tersebut cenderung masih rendah dimana masyarakat masih menjual hasil buminya dalam bentuk bahan baku. Untuk meningkatkan nilai jual Sumber Daya tersebut diperlukan sentuhan teknologi ataupun pengolahan lebih lanjut sehingga menambah nilai jual produk tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu produk unggulan Kabupaten Musi Rawas adalah ubi kayu dan ikan.

 

Oleh karena itu pada tanggal 13 November 2019 bertempat di Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas diadakan pelatihan dengan menggandeng tenaga ahli dari TTG-LIPI. Pelatihan tersebut berupa pelatihan pengolahan berbagai produk ubi dan pengolahan berbagai produk ikan. Pelatihan produk ubi kayu  berupa pembuatan keripik ubi kayu, pembuatan tepung mokav dan pembuatan bolu dari tepung mokav dimana tepung mokav ini memiliki keunggulan dibanding tepung biasa yang tidak memiliki gluten sehingga aman dikonsumsi anak autis atau hiperaktif. Untuk produk ikan berupa pembuatan Sambal Ikan, Abon Ikan  dan  Ikan Salai menggunakan asap cair.

 

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Peserta dilibatkan langsung dan diajari secara mendetail tentang pengolahan produk, mulai dari persiapan bahan baku (pengupasan ubi dan pembelahan ikan), penambahan Bahan Tambahan Pangan yang aman dan mengenalkan bahan lain yang tidak boleh digunakan. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan para peserta UMKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka untuk menambah nilai jualnya.