Bimbingan Teknis Aplikasi Layanan Pemerintahan Daerah Angkatan III dan IV Tahun 2021

Selasa 29 Juni 2021, bertempat di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Musi Rawas diadakan Bimbingan Teknis Aplikasi Layanan Pemerintahan Daerah pada Pusat Jejaring Inovasi Daerah ( Puja Indah ) tahun 2021. Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 29 s.d 30 Juni 2021 dan dilaksanakan dalam 2 angkatan yang masing-masing Angkatan terdiri dari 50 (lima puluh) orang peserta. Pada hari selasa, diikuti oleh Angkatan III dengan peserta berasal dari Operator OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas dan pada hari Rabu diikuti oleh Angkatan IV dengan peserta berasal dari Operator Sekolah pada SDN di Kabupaten Musi Rawas.

Adapun narasumber dari kegiatan Bimtek ini adalah Bapak Jonggi Tambunan, SE., M.Si Analis Kebijakan dan Bapak Wellem Bendektus Abarua Penyusun Bahan Kebijakan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri RI.

Acara Bimtek ini dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Musi Rawas, Ibu Hj. Suwarti dan dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Berdasarkan Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah maka suatu daerah melalui unit kerjanya dituntut untuk melakukan inovasi. Karena Inovasi Daerah merupakan suatu keharusan yang wajib di laksanakan oleh Pemerintah Daerah dan setiap pemangku kepentingan, maka pelaksanaan inovasi daerah harus disertai dengan komitmen. Dalam rangka memenuhi komitmen tersebut Pemerintah Kabupaten Musi Rawas telah menandatangani Pernyataan Komitmen Bersama dengan Menteri Dalam Negeri RI pada tanggal 27 September 2019 untuk mereplikasi dan melaksanakan Aplikasi Layanan Pemerintahan Daerah yang ada Pusat Jejaring Inovasi Daerah (PUJA INDAH) berbasis sistem berbagi pakai yang terintegrasi.

Adapun Aplikasi Layanan Pemerintahan Daerah yang ada pada Pusat Jejaring Inovasi Daerah (PUJA INDAH) merupakan aplikasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang terdiri dari 14 Aplikasi, dari beberapa aplikasi tersebut terdapat aplikasi Pelayanan Publik di bidang Pendidikan, Kesehatan dan beberapa layanan lainnya.

Salah satu kewajiban Pemerintah Kabupaten Musi Rawas yang ada pada komitmen tersebut menyiapkan sumber daya manusia (SDM) pelaksana yaitu operator dan user aplikasi layanan pemerintahan pada unit kerja yang akan mengimplementasikan aplikasi tersebut.

Pada tahap awal Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mencoba untuk menerapkan aplikasi layanan disektor Pelayanan Publik dan Pendidikan yang ada pada Aplikasi Layanan Pemerintahan Daerah melalui Pusat Jejaring Inovasi daerah (PUJA INDAH), oleh sebab itu pada kesempatan ini maka dilaksanakan Bimtek bagi seluruh operator yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Operator pada Sekolah Dasar di Kabupaten Musi Rawas dengan tujuan Mempercepat/mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan publik pada pusat-pusat pelayanan publik pemerintah/swasta secara cepat, tepat, mudah dan akurat secara terintegrasi serta Memberikan informasi bidang pendidikan berupa informasi proses belajar mengajar (PBM) kepada masyarakat khususnya orang tua murid.

Dalam akhir sambutannya, ibu Wakil Bupati Musi Rawas berpesan kepada para peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik serta memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk dapat berdiskusi kepada narasumber sehingga mampu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas individu masing-masing untuk menjalankan aplikasi ini di unit kerja masing-masing.

Diharapkan setelah pelaksanaan Bimtek ini, kedepannya Pemerintah Kabupaten Musi Rawas mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memiliki daya saing dengan daerah lain melalui inovasi-inovasi baru yang dikembangkan untuk menjadikan Kabupaten Musi Rawas semakin MANTAB ( Maju, Mandiri dan Bermartabat ).