Balitbang Kabupaten Musi Rawas Kedatangan Tamu dari Pemerintah Kabupaten Lahat

Kamis 30 Januari 2020, Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas kedatangan tamu dari Pemerintah Kabupaten Lahat tepatnya Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Lahat. Rombongan kunjungan berjumlah 12 orang yang diketuai Sekretaris Balitbang Lahat Bapak Anan Aldilah, S.Ag, M.Si beserta Kabid dan Kasi. Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Kepala Balitbang Kabupaten Musi Rawas Bapak H. Bambang Hermanto, SE, MM didampingi para kabid dan kasi serta staff.
Dalam acara pembukaan Bapak Anan Aldilah, S.Ag, M.Si menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan mereka ke Balitbang Kabupaten Musi Rawas yakni “ingin belajar tentang inovasi yang ada di Kabupaten Musi Rawas dimana Kabupaten Musi Rawas sudah memenangkan Lomba Innovatif Government Award dan mencari informasi informasi penting tentang kelitbangan, disamping itu juga untuk menjalin silaturahmi sambil menimba ilmu dan mendapatkan ilmu yang menjadi ladang ibadah” ungkap beliau.

Selanjutnya ungkapan beliau disambut oleh Bapak H. Bambang Hermanto, SE, MM selaku Kepala Balitbang Kabupaten Musi Rawas bahwa Balitbang Musi Rawas siap membantu dan berbagi pengalaman terkait inovasi-inovasi yang ada di Musi Rawas. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa inovasi yang ada di Musi Rawas paling banyak dihasilkan dibidang Kesehatan karena itu merupakan suatu syarat bagi Kepala Puskesmas (Dokter) untuk menjadi dokter teladan. Inovasi di Musi Rawas sebenarnya dimulai dari hal-hal sederhana atau pengembangan yang sudah ada. Sebagai contoh inovasi Pos Bindu Excellent dari Dinas Kesehatan merupakan pengembangan dari program nasional untuk penanganan penyakit non menular seperti penyakit jantung, paru-paru dll. Dinas kesehatan berinovasi dengan melakukan penanganan yang tidak ada pada program nasional yaitu penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa. Demikian juga inovasi JEMPOL DUA (Jemput Bola Dokumen Anda) dimana program nasional bahwa pengurusan surat-surat kependudukan (akta lahir, KTP, dll) dilayani dengan gratis, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berinovasi bukan hanya mengratiskannya namun melakukan jemput bola dengan turun langsung kelapangan mencari penduduk yang belum memiliki dokumen kependudukan, membuat dokumennya dan mengantarkannya langsung kembali ke penduduk tersebut.


Bapak H. Bambang Hermanto, SE, MM juga mengungkapkan prestasi Kabupaten Musi Rawas dalam Lomba Innovatif Government Award tidak lepas dari dukungan penuh Bupati Musi Rawas. Bupati mendampingi penuh dalam pelaksanaan lomba tersebut baik dalam persiapan sebelum kedatangan Tim Kemendagri RI, melaksanakan paparan khusus bersama seluruh OPD, validasi bersama Tim Kemendagri RI, paparan Kepala Daerah di Jakarta dan Penerimaan Penghargaan dihadiri langsung oleh Bupati Musi Rawas tanpa berwakil. Hal tersebut menunjukkan bahwa Kepala Daerah memang sangat berkomitmen dalam inovasi. Ditahun 2020 ini Bupati Musi Rawas menghimbau supaya seluruh OPD menghasilkan inovasi dan tercatat dalam daftar Balitbang bahwa OPD sudah mengajukan sebanyak 218 inovasi per hari ini tanggal 30 Januari 2020 .
Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan tentang gambaran penilaian indeks inovasi daerah oleh ibu Yuyun Suwanti, ST selaku Kabid Pengembangan, kemudian tanya jawab dan berbagi pengalaman dan dilanjutkan dengan makan siang bersama.


Pada akhir acara Bapak H. Bambang Hermanto, SE, MM memberikan cindera mata dan menyampaikan berharap silaturahmi antara Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Lahat bisa terus terjalin dengan baik. Selanjutnya Bapak Anan Aldilah, S.Ag, M.Si mengucapkan terimakasih karena sudah diterima dengan hangat dan diberikan ilmu yang sangat bermanfaat.