Balitbang adakan rapat bersama OPD membahas “Persiapan Verifikasi Dokumen Inovasi Daerah”

Rabu-Kamis tanggal 22-23 Januari 2020 Badan Penelitian dan Pengembangan mengundang seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas guna membahas Persiapan Verifikasi Dokumen Inovasi Daerah.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas Bapak H. Bambang Hermanto, SE, MM. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa saat ini dari hasil pendaftaran OPD sudah terdata sebanyak 202 inovasi yang akan didaftarkan pada Lomba Innovative Government Award Tahun 2020 ini. Namun inovasi tersebut akan diverifikasi terlebih dahulu sesuai indikator yang ditetapkan oleh Kemendagri RI dan dilengkapi dokumen-dokumennya. Pada Tahun 2019 Kabupaten Musi Rawas secara indeks berada pada urutan ke 8 dengan nilai 21.550 dan inovasi yang didaftarkan hanya 31 inovasi dan setelah verifikasi lapangan dan paparan Kepala Daerah naik menjadi peringkat ke-7 (tujuh) sebagai kabupaten terinovatif se-Indonesia. Bila dibandingkan dengan daerah lain misalnya Banyuwangi sebagai juara pertama mendaftarkan 182 inovasi dengan nilai indeks 74.400, Padang Pariaman peringkat ke 6 (enam) mendaftarkan 134 inovasi dengan nilai indeks 27.500 dan Lampung Barat yang berada diurutan ke 14 mendaftarkan 118 inovasi dengan nilai indeks 12.500, artinya secara jumlah Kabupaten Musi Rawas kalah jauh namun yang menjadi kekuatan kita saat itu adalah kelengkapan dokumen kita dimana setiap inovasi yang didaftarkan nilainya paling rendah 500 dengan nilai rata-rata indeks 695,16. Untuk tahun 2020 ini persaingan kita semakin ketat dimana daerah lain sudah mengetahui tata cara dan trik-trik perolehan nilai indeks tersebut ditambah Lomba Innovative Government Award ini sudah menggema sehingga daerah lain juga sudah berlomba-lomba mengikutinya. Dan yang paling utama Indeks Inovasi daerah ini dijadikan sebagai salah satu syarat dalam menerima Tunjangan Insentif Daerah dimana daerah yang kurang inovatif yang nilai indeksnya dibawah 1000 maka tunjangannya dipotong 3 %. Oleh karena itu Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas sangat mengharapkan dukungan dari seluruh OPD karena Balitbang hanya mengkoordinir saja.

Setelah paparan Kepala Balitbang dilanjutkan dengan paparan kepala Bidang Data, Informasi dan Kerjasama serta Kepala Bidang Pengembangan guna menjelaskan point-point indikator dan kelengkapan dokumen yang harus disiapkan untuk masing-masing inovasi. Pendaftaran Lomba Inovative Government Award ini dimulai pada bulan Maret 2020 dan lebih awal dibandingkan tahun sebelumnya