Asistensi Penginputan Data indeks Inovasi Daerah Innovative Government Award tahun 2021

Senin 12 Juli 2021, bertempat di Ruang Rapat Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Musi Rawas dilaksanakan Asistensi Penginputan Data Indeks Inovasi Daerah dalam rangka keikutsertaan Kabupaten Musi Rawas mengikuti lomba Innovative Government Award tahun 2021. Asistensi ini sendiri dijadwalkan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu tanggal 12-14 juli 2021.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah operator inovasi dari tiap-tiap Organisasi Perangkat Daerah di Kabupaten Musi Rawas yang nantinya bertanggung jawab untuk menginput inovasi yang ada di OPD terkait ke dalam Sistem Indeks Inovasi Kemendagri RI.

Ada hal yang berbeda untuk penginputan inovasi dalam lomba IGA Tahun 2021 ini dimana pada tahun-tahun sebelumnya penginputan inovasi tersebut dilakukan oleh Balitbang, dan Organisasi Perangkat Daerah hanya mempersiapkan perlengkapan berkas inovasi saja untuk selanjutnya diserahkan ke Balitbang. Namun untuk tahun 2021 ini setiap OPD selain harus mempersiapkan kelengkapan berkas inovasi juga harus menginput langsung inovasi tersebut ke dalam system indeks inovasi Kemendagri RI dan Balitbang bertugas untuk memantau inovasi yang telah diinput.

Sebagai informasi bahwa penginputan perlombaan IGA ini telah dibuka dari tanggal 20 Juni 2021 dan akan berakhir sampai 13 Agustus 2021. Inovasi yang dilombakan adalah dalam bidang Pelayanan Publik, Tata Kelola Pemerintahan dan Inovasi bentuk lainnya. Kabupaten Musi Rawas telah 4 (empat) kali mengikuti lomba Innovative Government Award ini dan selalu masuk dalam 10 besar kategori Kabupaten terinovatif dan harapannya untuk tahun ini Kabupaten Musi Rawas dapat meningkatkan prestasinya agar lebih baik lagi mengingat perlombaan IGA merupakan perlombaan yang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia untuk memperebutkan kategori Daerah Sangat Inovastif dan menghasilkan Dana Insentif Daerah (DID) dari Pemerintah Pusat.

Harapannya setelah mengikuti asistensi penginputan data indeks inovasi daerah Innovative Government Award ini masing-masing OPD yang akan mengirimkan inovasinya untuk diperlombakan dapat lebih memahami cara mengentry data yang diperlukan sehingga dapat melengkapi dokumen apabila terdapat kekurangan.